Pembuatan Kain Tenun Dengan Metode Print

By | December 4, 2017

textile printIndustri kain print merupakan jenis usaha yang menyediakan jasa percetakan pada kain. Dewasa ini industri modern dalam skala produksi masif mulai tertarik pada salah satu jenis kain Indonesia yaitu kain tenun. Menariknya dari kain tenun yang berasal dari Indonesia terletak pada motif dan juga warnanya yang dinilai sangat berbeda dengan kain-kain jenis lain. Kain tenun dibuat dengan proses yang cukup rumit, dan tidak semua orang bisa. Dengan meningkatnya peminat kain tenun khususnya bagi para pencinta kain tradisional, membuat para pengusaha berlomba-lomba untuk merekrut kain tenun sebagai sumber usaha mereka. Karena dinilai akan memberikan keuntungan yang menjanjikan. Ide-ide kreatif kini mulai bermunculan untuk mengembangkan potensi usaha tersebut.

Bagaimana Bisa Kain Tenun Diproduksi Dengan Metode Kain Print?

Kain tenun termasuk salah satu kain tradisional Indonesia yang sangat populer karena keunikan dan gayanya yang dinilai etnik. Proses produksinya yang terbilang membutuhkan waktu yang cukup lama, membuat pengusaha berusaha mencari solusi terbaik agar dapat mengembangkan produksinya dengan cepat. Salah satu Ide kreatif yang muncul dan dikembangkan akhir-akhir ini adalah tenun print. Sebelum digunakan dalam produksi kain tenun, metode kain print ini telah digunakan dalam produksi kain batik yang dilakukan oleh produsen Tiongkok. Dalam produksi kain tenun print, pabrik tersebut biasanya membuat softcopy motif kain yang selanjutnya dicetak pada kain dengan menggunakan mesin cetak yang telah disediakan. Harga kain ini ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan kain tenun asli. Hal ini disebabkan oleh proses produksi yang memang lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan kain tenun asli yang harus melewati proses mencari kapas, memintal benang, hingga penggunaan cara manual yang memerlukan waktu produksi cukup lama untuk satu produk kain tenunnya.

Hasil kain print pastinya akan berbeda dari kain yang dibuat dengan cara manual. Biasanya tenun print ini menghasilkan warna yang lebih mencolok dan motifnya sangat presisi. Namun, kesan kain tenun pada kain hasil produksi tersebut masih ada. Meskipun secara kualitas dan fisik jelas sanga berbeda dengan hasil tenun asli.

Related posts: